10.30.2016

air terjun sri gethuk

air terjun sri gethuk



        pesona obyek wisata didaerah kabupaten gunung kidul, tepatnya berada di desa bleberan kecamatan playen. jaraknya dari pusat kota yogyakarta tidak terlalu jauh hanya sekitar 45 km sekitar 1 jam perjalanan .untuk menuju wisata air terjun sri gethuk wisatawan harus melewati medan yang berupa tanjakan curam dan tikungan tajam. wisatawwan harus ekstra hati-hati ketika ingin berkunjung kesini. 
       
           asal-muasal nama air terjun sri gethuk berasal pada yaman dahulu disekitar air terjun terdapat kerajaan lelembut atau mahkluk halus pada suatu hari konon dikerajaan tersebut sering latihan menabuh gamelan, suara gamelan tersebut sangat terdengar nyaring didesa sekitarnya. suatu  ketika ada sedikit jeributan karena salah satu gamelannya hilang, nama gamelan yang hilang tersebut adalah kethuk , untuk mempermudah pengucapanya warga sekitar menambah imbuhan sri di depan nya menjadi sri gethuk agar mudah pengucapannya.
      
    untuk mencapai obyek wisatawan bisa menetukan 2 opsi ketika telah sampai di parkiran yang jaraknya 1,5 km dari obyek wisata, opsi pertama wisatawan berjalan kaki melewati persawahan perkampungan desa bleberan . sedangkan obsi kedua yaitu menggunakan jalur air menaiki gethek melewati aliran sungai oya dikenakan biaya Rp. 5.000 rupiah. untuk sekali perjalanan perorang. 
      
     perjalanan yang sulit menuju obyek wisata akan terbayar dengan pesona air terjun yang masih alami dan jernihya air sungai. wisatawan boleh berenang di obyek wisata dengan didampingi pemandu wisata dari warga sekitar. jika anda ingin pergi wisata air tawar mungkin air terjun sri gethuk ini bisa jadi salah satu alternatifnya. ketika anda berrkunjung jaga kealamian obyek wisata ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar