10.29.2016

taman sari

wisata pemandian 
taman sari


            taman sari menawarkan obyek wisata arsitektur kuno yang unik dan mengagumkan. taman sari dibangun pada masa hamengkubuono 1 sebagai rasa terima kasih beliau kepada para istri-istrinya yang telah membantu masa peperangan , hamengkubuono 1 memerintahkan seorang arsitektur terkenal pada jamannya  bernama demak tegis berasal dari portugis dan menjabat sebagai bupati di madiun. beliau menyuruh untuk membuat umbul (mata air) ditengah danau untuk permandian para isteri-istri kerajaan.
             ada tiga umbul (mata air) di obyek taman sari yaitu umbul kawitan untuk putra-putri kerajan, umbulumbul penguras yaitu kolam untuk raja dan umbul pemuncar untuk para selir kerajaan. untuk masuk kewisata wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan masuk karena ditakutkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tempat ini masih sakral atau religios. 
            untuk masuk wisata ini wisatawan harus terlebih dahulu melewati keraton yogyakarta karena taman sari berada di tengah-tengah keraton. wisatawan juga harus melewati beberapa lorong-lorong kecil dengan tembok besar dan menjulang tinggi, lorong-lorong ini dulu juga digunakan sebagai banker saat masa penjajahan untuk perlindungan anggota kerajaan. 



        jadi untuk kalian yang berkunjung kekeraton yogyakarta jangan lupa sekalian berkunjung keobyek wisata taman sari jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 500 meter dari gerbang keraton. jangan buang sampah sembarangan dan melanggar pantangan yang ada di obyek ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan . terima kasih telah mengunjungi blog saya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar