10.29.2016

keraton yogyakarta

wisata keraton yogyakarta



          keraton yogyakarta atau sering disebut keraton ngayogyakarta hadiningrat terletak dipusat kota yogyakarta. tempat ini sejajar garis lurus ditengah-tengah antara gunung merapi dan laut pantai parangtritis / parang kusumo. keraton ini masih digunakan sampai saat ini sebagai pusat pemerintahan yogyakarta , dipimpin oleh sultan hamengkubuwono X, kepemimpinannya dilakukan secara turun-temurun. 
          dikeraton yogyakarta masih sering diadakan ritual adat seperti suronan, labuhan , dll. dikomplek wisata keraton terdapat beberapa spot wisata lain diataranya pemandian taman sari , alun-alun lor dan alun-alun kidul.tempat ini menawarkan keunikan bangunan arsitektur kuno.
             


       ini adalah tempat singgahsana / tempat duduk sultan hamengkubuwono saat mengadakan diskusi antar anggota kerajaan dan abdi dalem jug digunakan sebagai tempat ritual adat.





         ini adalah kolam pemandian taman sari yang digunakan untuk mandi anggota kerajaan. terdapat 3 mata air ditengah-tengah kolam . pemandian taman sari dibagi 3 kategori auntuk putra-putri kerajaan, untuk para selir kerajaan, dan untuk para raja yogyakarta.


          alun-alun kidul ramai saat malam hari banyak fasilitas wisata disini yangterkenal seperti sepeda hias dan tempat makan angkrian kas yogyakarta. dialu-alun kidul terdapa mitos turun-temurun yaitu mitos barang siapa yang bisa melewati kedua ringin ditengah-tengah alun-alun dengan mata tertutup akan tercapai keinginannya .


         sedangkan alun-alun lor adalah gerbang masuk depan komplek keraton yogyakarta. gimana guest dengan obyek wisata keraton yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar